CARA ATAU TUTORIAL MEMBUAT BROS RESLETING (ZIPPER BROOCH)

Siapa kira bahwa resleting yang biasanya dipakai sebagai penutup belahan kain bisa dijadikan karya unik sebagai hiasan yaitu bros. Kali ini ini penulis akan memberikan tutorial cara membuat bros resleting yang lagi in di 2015 ini.






1. Pilih lebar resleting kira2 3 cm. Kemudian resleting dipotong-potong sepanjang 5 cm. Misalnya potong sebanyak 7 bagian untuk membentuk 7 kelopak.


2. Selanjutnya bagian resleting yang tidak ada giginya dijelujur. Lebar jelujur ini akan menentukan lekukan kelopak bunga.  Agar kelopak bunga bisa lebih terlihat, jelujurnya hendaknya lebih diregangkan (jarang).


3. Setelah dijelujur, benang ditarik dan kedua ujung kelopak disatukan. Jadi kelopak akan berbentuk setengah lingkaran. Supaya kuat ujung kelopak “bundeli” beberapa kali.  Intinya dibuat supaya benang tidak lepas dan kelopak terjahit dengan kuat. Ketujuh kelopak bunga ini selanjutnya dijahit rangkai menjadi lingkaran.


4. Setelah ketujuh kelopak siap, selanjutnya siapkan kelopak bagian tengah. Bagian ini terbentuk dari resleting dengan panjang kira2 10 cm. Semakin besar bunga maka semakin panjang resleting yang dibutuhkan. Lalu resleting ini dijelujur sama seperti kelopak bunga. Benang juga ditarik untuk membentuk kelok2 kelopak bunga. Hanya saja kelopak bunga bagian tengah ini tidak disatukan tapi saya bentuk lingkaran-lingkaran yang bertumpuk. Selanjutnya bagian bawah tumpukan bertumpuk ini dijelujur juga untuk menyatukan masing-masing lingkaran. Terakhir “bundeli” supaya tumpukan lingkaran terjahit dengan rapi.


5. Akhirnya selesailah dua bagian bunga.


6. Selanjutnya siapkan bagian belakang bunga dari kain flanel warna merah. Bentuk lingkaran yang besarnya hampir sama dengan besar lingkaran ketujuh kelopak. Hanya saja lebih kecil sedikit agar tidak kelihatan dari atas. Mulailah lem lingkaran ketujuh kelopak ke kain flanel ini dan dilanjutkan dengan kelopak bagian tengah.


7. Untuk mempercantik bros, bagian tengah bunga beri putik dan benang sari. Cara membuatnya, bentuk bulatan dari lem tembak di tengah bunga. Saat masih panas taburi gundukan lem tembak tersebut dengan “monte” atau “bruci” atau “beads”. Beads kemudian tekan pelan-pelan agar menempel ke gundukan lem tembak dengan sempurna dan hati-hati jangan sampai lem mengenai jari.

8. Voilaaaaaa..., akhirnya jadilah bros resleting yang indah.

http://indozipper.com/tag/bros-bunga-unik-resleting/


SEMOGA BERMANFAAT
SHARE

Penulis

TG News hadir untuk memberikan update informasi terkini, baik informasi dari dalam maupun luar negeri.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment