Sayur dan Buah-buahan yang Bagus Untuk Penderita Hipertensi


Hipertensi atau Penyakit Darah Tinggi merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia saat ini. Faktor utama dari penderita hipertensi adalah pada usia lanjut. Penyakit hipertensi merupakan salah satu faktor penyebab stroke, serangan jantung dan juga gagal ginjal. 

Beberapa faktor penyebab penyakit darah tinggi adalah faktor keturunan, usia, gender, kurang gerak, pola makan yang tidak teratur, berat badan berlebih, stress dan juga bisa dikarenakan seringnya meminum minuman beralkohol.
Berikut saya sampaikan beberapa macam sayur dan buah-buahan yang baik bagi penderita hipertensi.

Buah-buahan yang baik untuk hipertensi diantaranya adalah :

1. Ketimun, blewah, buah persik, strawberry, raspberry : Buah-buahan ini mempunyai kadar mineral potassium yang tinggi berguna untuk mengurangi tekanan darah yang tinggi, serta berguna juga untuk mengurangi batu ginjal.

2. Mengkudu : Buah ini berkhasiat menurunkan kolesterol tinggi, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar gula darah.

3. Tomat : Buah tomat dapat menurunkan tekanan darah, hal ini telah ditunjang dengan sebuah penelitian oleh Universitas Ben Gurion Negev Beersheba.

Sayur-sayuran yang baik untuk hipertensi diantaranya yaitu :1. Daun Salam : Daun ini biasa digunakan sebagai penyedap dalam memasak sayur, siapa sangka daun salam ini dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar gula darah tinggi.2. Rumput Laut : Biasanya rumput laut ini disajikan dalam es buah, es campur , ataupun keripik. Khasiat dari rumput laut adalah mampu menormalkan tekanan darah, menurunkan kolesterol tinggi dan mencegah aterosklerosis.3. Bawang Putih dan Bawang Bombay : Salah satu bumbu dapur ini mempunyai manfaat yaitu dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi dan menghancurkan penggumpalan darah.

4. Temu Hitam / Temu Ireng : Temu hitam ini berkhasiat melancarkan sirkulasi dan mencairkan gumpalan darah dan dapat menetralkan racun dalam tubuh.

Nah, buat anda yang hipertensi bisa memasak/memakan buah dan sayur diatas sebagai penyetabil tensi atau tekanan darah anda. Tapi ingat tetaplah bergaya hidup sehat dan jaga asupan gizi ya...

SHARE

Penulis

TG News hadir untuk memberikan update informasi terkini, baik informasi dari dalam maupun luar negeri.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment