TAMAGOTCHI MAINAN ANAK KAYA DI ERA 90-AN

Siapa yang masih ingat mainan ini dan memilikinya. Masa-masa kecil kalian begitu indah pastinya. Game yang seru dan menarik di masa kecil tentang memelihara binatang khayalan.

Di sekitar tahun 90-an ada teknologi baru khusus buat yang ingin memelihara binatang tapi malas merawatnya. Teknologi baru tersebut berupa konsol game yang disebut dengan Tamagotchi. Konsol game pabrikan Jepang ini sempat menjadi primadona bagi anak-anak di era 90an. Saat itu Tamagotchi seperti menjadi virus menyebar dengan cepat ke berbagai belahan dunia termasuk Indonesia.


Tamagotchi biasanya berbentuk oval atau lonjong seperti telur dengan corak warna bermacam-macam. 

Tamagotchi pertama kali diproduksi oleh sebuah perusahaan mainan asal Jepang yang bernama Bandai, pada tanggal 23 November tahun 1996. Waktu itu Tamagotchi hanya dijual dan didistribusikan di Jepang saja. Akan tetapi seiring dengan meningkat tajamnya penjualan konsol game tersebut yang bahkan mencapai 40 juta, akhirnya Bandai memutuskan untuk mengekspor Tamagotchi ke berbagai negara termasuk Indonesia. Puncak kepopulerannya di tahun 1997, Tamagotchi menjadi konsol game yang banyak diburu dan diminati oleh para penggemar game dan sukses menjadi mainan utama anak-anak di era itu.

Ukurannya yang kecil membuat Tamagotchi sangat mudah untuk dibawa kemana-mana sehingga bisa dimainkan di manapun dan kapanpun. Tamagotchi sendiri dimainkan dengan cara memberi makan, membersihkan kamar atau kotoran, dan mengajaknya bermain dan banyak hal lainnya yang dilakukan tanpa perlu repot seperti mengurus binatang peliharaan yang asli. Yang menjadi pembeda adalah, ini hanya dimainkan secara digital bukan dalam kehidupan nyata.

Yang paling asik dari konsol game yang satu ini adalah, kita dibuatnya seakan benar-benar memelihara binatang karena ada interaksi antara kita dengan binatang peliharaan kita tersebut. Binatang peliharaan yang ada dalam Tamagotchi hampir mirip dengan binatang peliharaan aslinya, kalau kita terus membiarkannya tanpa memberi makan, dia juga bisa mati. Benar-benar seperti binatang dalam kehidupan nyata kan? Nah, meskipun Tamagotchi hanyalah sebuah konsol game tapi dengannya kita bisa dilatih untuk disiplin dalam menjaga binatang peliharaan. Selain itu tamagotchi dilengkapi dengan sound penanda, seperti bunyi saat waktu makan atau saat si hewan berak minta dibersihkan.

Sayangnya, kepopuleran Tamagotchi tak berlangsung lama. Sejak munculnya konsol game yang lebih modern seperti, Nintendo, Sega dan PlayStation, Tamagotchi mulai kalah pamor dan perlahan dilupakan oleh pecinta game. Ya bisa kita lihat saat ini, sudah sangat jarang orang yang bermain Tamagotchi, kalaupun ada pasti yang mereka mainkan bukan Tamagotchi yang berbentuk telur oval tersebut, melainkan Tamagotchi yang telah menjelma masuk ke dalam gadget keren mereka. Tapi jangan sedih dulu, buat kamu yang mau bernostalgia dengan Tamagotchi ini, kamu bisa membelinya di beberapa tempat, karena faktanya masih ada yang menjual Tamagotchi konvensional seperti yang dulu.

Sekedar nostalgia dengan masa kecil dulu dimana mainan sederhana menjadi populer. Coba bandingkan dengan jaman sekarang.
SHARE

Penulis

TG News hadir untuk memberikan update informasi terkini, baik informasi dari dalam maupun luar negeri.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment