INSINYUR ADALAH AVATAR ?

Mengapa penulis mengatakan avatar ? Mari kita telaah satu persatu ya...
Awal mula dulu nih...

Dahulu kala sebelum adanya peradaban modern, dunia masih berupa lautan dan daratan belum ada gedung bertingkat seperti sekarang ini. Daratan pun masih berupa rerumputan liar, pohon-pohon maupun semak belukar.

Manusia mulai menggunakan akalnya untuk membuat rumah, kantor, hotel, dan lain sebagainya. Pembangunan itu memerlukan teknik-teknik khusus dan itulah kuasa dari INSINYUR. Bangga dong pastinya yang jadi Insinyur.

Mengapa INSINYUR = AVATAR ?



AVATAR adalah penguasa elemen-elemen.


Apa hubungannya dengan INSINYUR ? Hubungannya adalah sama-sama penguasa elemen. 5 bidang yang dikuasai oleh para Insinyur, Struktur, Geoteknik, Hidro, Transportasi dan Manjemen.

1. Ahli Struktur ya ahlinya bangunan. Mereka bertugas merancang dan membuat struktur agar bangunan berdiri kokoh, tahan gempa, dan lain sebagainya.

2. Ahli Geoteknik ya ahlinya tanah. Mereka meneliti suatu tanah apakah tanah tersebut cocok untuk didirikan  suatu bangunan 

3. Ahli Hidro ya ahlinya air. Mereka mempunyai tugas dalam merancang saluran air, drainase, bangunan-bangunan air hingga urusan perpipaan.

4. Ahli Transportasi ya ahlinya sistem transportasi. Mereka bertugas dalam merancang penampang jalan, pembuatan jalur, pengaturan arus kendaraan, jenis kendaraan hingga hal seperti pembangunan infrastruktur jalan seperti fly over dan jalan tol.

5. Ahli Manajemen ya ahlinya Manajemen Konstruksi. Mereka bertugas memanajemen seluruh proyek dari awal hingga akhir, baik dari perencanaan, perancangan, pembangunan hingga pemeliharaannya.

Nah, makanya penulis bisa simpulkan INSINYUR = AVATAR di kehidupan nyata. Sambung ga nyambung disambung-sambungin aja ya...


SHARE

Penulis

TG News hadir untuk memberikan update informasi terkini, baik informasi dari dalam maupun luar negeri.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment